PKL Pasar Gembrong: Relokasi Membuat Kami Jadi Pengemis

Written By bopuluh on Kamis, 12 September 2013 | 19.51

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Cipinang, Jakarta Timur, tetap nekat berjualan di atas trotoar meskipun sudah diperingatkan dan ditindak. Demi menyalurkan aspirasi mereka, para pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Kaki Lima Pasar Gembrong (PPKLPG) akan menggelar aksi teatrikal sebagai pengemis dan pemulung.

Hal tersebut dilakukan setelah dialog antara pedagang dan Camat Jatinegara serta Wali Kota Jakarta Timur tidak membuahkan hasil positif. Para pedagang mainan, boneka, dan karpet berulang kali ditertibkan.

"Kebijakan relokasi ini akan membuat kami menjadi pengemis dan pemulung. Selepas shalat Jumat nanti, kami berencana mau aksi damai di trotoar di sekitar Pasar Gembrong," kata Ketua PPKLPG Bruri, Jumat (13/9/2013).

Pedagang selimut itu mengatakan, PKL Pasar Gembrong seperti dianaktirikan. Ia mencontohkan penataan kawasan Tanah Abang dan Pasar Minggu yang jauh lebih baik karena para pedagang dipindahkan ke gedung pasar yang tak jauh dari lokasi berdagang sebelumnya. Karena itu, para pedagang di sana tidak khawatir akan kehilangan pelanggan.

PKL Pasar Gembrong menilai tiga lokasi yang disediakan Pemprov DKI dianggap terlalu jauh. Lokasi itu adalah PD Pasar Gembrong Cipinang Besar, PD Pasar Perumnas Klender, dan PD Pasar Sunan Giri. Sebagian besar PKL di Pasar Gembrong merupakan warga yang tinggal di sekitar pasar di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Para pedagang di sini tinggal di sekitar sini, tapi dipindahkan ke tempat yang lebih jauh. Otomatis perlu pengeluaran buat ongkos, ditambah di pasar yang disediakan itu tidak ada yang beli," katanya.

Editor : Laksono Hari Wiwoho


Anda sedang membaca artikel tentang

PKL Pasar Gembrong: Relokasi Membuat Kami Jadi Pengemis

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/09/pkl-pasar-gembrong-relokasi-membuat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PKL Pasar Gembrong: Relokasi Membuat Kami Jadi Pengemis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PKL Pasar Gembrong: Relokasi Membuat Kami Jadi Pengemis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger