HUT RI, Keluarga di Mamasa Potong 54 Kerbau

Written By bopuluh on Jumat, 16 Agustus 2013 | 19.51


MAMASA, KOMPAS.com - Memeriahkan kemerdekaan RI bisa dilakukan dengan beragam cara. Di Mamasa Sulawesi Barat, warga merayakan kemerdekaan dengan cara memotong 54 ekor kerbau unggulan bernilai milyaran rupiah.

Pemotongan kerbau, menurut tata cara adat Mamasa juga dimaksudkan sebagai penghormatan kepada leluhur dan tetamu yang hadir dalam upacara Rambu Solo, selain juga bertepatan dengan hari kemerdekaan RI.

ACara ini digelar oleh keluarga besar Eko Mulyadi Pualilin. Pesta makan daging kerbau yang dihadiri ribuan warga Mamasa, termasuk warga keturunan Mamasa yang ada di perantauan.

Acara ini digelar selama sepekan. Sebelum pemotongan, seluruh keluarga besar pemilik hajat berjalan dari rumah ke panggung kehormatan untuk menyaksikan proses pemotongan kerbau.

Deretan pertama diawali kaum wanita mulai dari orang tua/ dewasa, remaja hingga anak-anak. Disusul kaum pria mulai dari kalangan orang tua/ dewasa, remaja hingga anak-anak.

Ritual perjalanan dari rumah hajatan sambil memegang kain merah menuju panggung kehormatan juga merupakan simbol persatuan bagi keluarga besar alamarhum. Bagi warga Mamasa, ritual perjalan keluarga besar mereka ke tempat upacara penyembelihan kerbau ini dipercaya juga disaksikan oleh leluhur mereka yang berada di surga.

Mereka bangga ketika melihat turunan keluarga besar mereka tetap kompak dan bersatu. "Arwah almarhum di surga gembira ketika menyaksikan turunan dan anak cucu mereka tetap kompak di dunia," ujar Eko Mulyadi Pualilin.

Tradisi pemotongan kerbau besar-besran di Mamasa ini juga sudah menjadi salah satu objek wisata budaya mamasa yang selalu ramai dikunjungi warga/ tak terkecuali wisatawan lokal dan asing yang tertarik dengan keunikan budaya Mamasa ini.

Editor : Bambang Priyo Jatmiko


Anda sedang membaca artikel tentang

HUT RI, Keluarga di Mamasa Potong 54 Kerbau

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/08/hut-ri-keluarga-di-mamasa-potong-54.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

HUT RI, Keluarga di Mamasa Potong 54 Kerbau

namun jangan lupa untuk meletakkan link

HUT RI, Keluarga di Mamasa Potong 54 Kerbau

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger