Sluurpp.. Nikmatnya Kopi Arabika Manggarai

Written By bopuluh on Sabtu, 10 November 2012 | 18.51

Sluurpp.. Nikmatnya Kopi Arabika Manggarai

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Berwisata ke Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, mampirlah ke Rumah Baku Peduli di jalur masuk ke Bandara Udara Komodo. Di sana, bagi pecinta kopi, jangan lewatkan kopi Arabika Manggarai yang diproduksi petani Manggarai.

Rumah Baku Peduli Labuan Bajo merupakan tempat makan bagi para wisatawan yang menyuguhkan makanan lokal, termasuk kopi Arabika asli Manggarai. Kopi Arabika ini sudah diwariskan leluhur Manggarai sejak zaman missionaris masuk wilayah Manggarai.

Saat ini, kopi Arabika asli Manggarai sudah dijual di pasar dengan berbagai kemasan. Agar lebih nikmat, minum kopi Arabika Manggarai dicampur dengan Gola Kolang atau gula merah yang diolah dari air enau.

Selain di Rumah Baku Peduli Labuan Bajo, kopi Arabika Manggarai juga menjadi suguhan bagi wisatawan mancanegara dan domestik yang berkunjung ke Kampung Melo di Sanggar Budaya Compang Toe, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat. Mantan Menteri Lingkungan Hidup era Presiden Soeharto, Emil Salim, pernah merasakan nikmatnya kopi Arabika Manggarai ini pada 2009 silam.

Pemilik Sanggar Budaya Compang Toe, Yoseph Ugis, menuturkan, seluruh tamu asing dan Nusantara yang berkunjung ke Kampung Melo, khususnya di Sanggar Budaya Compang Toe, selalu disuguhkan kopi bubuk asli Manggarai Barat. Para kaum perempuan Manggarai Barat menyajikannya kepada tamu asing dengan penuh keramahtamahan.

Pertama-tama, setiap tamu yang masuh di rumah orang Manggarai Barat disilakan masuk dan dipersilakan duduk. Selang 30 menit, kaum perempuan menyuguhkan kopi bubuk asli Manggarai Barat yang sudah dilarutkan dengan air panas.

Untuk menghaluskan kopi ini, biji kopi ditumbuk dengan menggunakan lesung (Ngensung-bahasa lokal Manggarai Barat dialek Kolang-red). Menurut Ugis, aroma kopi Arabika Manggarai yang ditumbuk secara tradisional sangat berbeda dengan yang digiling dengan menggunakana mesin modern. Bahkan rasa yang dikecap oleh lidah sangat berbeda sehingga orang asing yang berkunjung ke kampung-kampung selalu disuguhkan kopi Arabika Manggarai.

Jadi bagi pecinta kopi yang ke Labuan Bajo, jangan lupa menjajal kopi Arabika setempat sambil menikmati suasana alam Labuan Bajo yang tiada duanya. Sluuurrpp...

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Sluurpp.. Nikmatnya Kopi Arabika Manggarai

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2012/11/sluurpp-nikmatnya-kopi-arabika-manggarai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sluurpp.. Nikmatnya Kopi Arabika Manggarai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sluurpp.. Nikmatnya Kopi Arabika Manggarai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger