Mesin Suara Alihkan Suara Obama ke Romney

Written By bopuluh on Selasa, 06 November 2012 | 18.51

KOMPAS.com - Sebuah mesin pencatat suara harus diturunkan dan diperbaiki pada hari pemungutan suara di salah satu tempat pemungutan suara di Pennsylvania, Selasa (6/11/2012). Mesin itu mengubah pilihan dari nama Barack Obama menjadi Mitt Romney, NBC melaporkan.

"Ada satu protes, jadi mesin itu diangkat, dites, lalu difungsikan kembali. Kami tidak menerima protes seperti lagi sejak itu," kata Mathew Keeler, juru bicara Pennsylvania Department of State, kepada majalah Mother Jones.

Video tentang mesin rusak itu sudah diunggah ke YouTube oleh pengguna bernama "centralpavote" dan langsung menyebar ke semua pengguna media sosial dan masuk ke forum politik Reddit.

Penggunanya, yang mengaku berprofesi sebagai pengembang perangkat lunak, menjelaskan yang terjadi.  Dia mengaku mencentang nama Obama, ternyata nama yang disorot adalah Romney. Dia mengira salah centang, lalu mengulangi pilihannya pada Obama. Lagi-lagi nama Romney yang tercentang.

"Sebagai pengembang perangkat lunak, saya langsung tahu ada masalah. Saya mencoba dengan memilih nama Jill Stein, siapa tahu yang terpilih juga Romney. Ternyata tidak terjadi apa-apa," tuturnya.

Pemilih itu melanjutkan, semua "area aktif" pada nama Obama selalu memilih nama Romney, padahal semua tombol untuk nama lain bekerja normal-normal saja.

Meskipun mesin pencatat suara dilaporkan sudah diperbaiki, majalah Jezebel mengingatkan komentar "mengerikan" dari Gubernur Pennsylvania Tom Corbett pada kampanye Romney pada Minggu kemarin.

Saat berkampanye dengan cawapres Paul Ryan, Corbett dan sejumlah pemimpin Partai Republik menyatakan keyakinan suara elektoral negara bagian itu bakal diberikan pada Romney.

Ini bukan kasus pertama tahun ini. Hal serupa terjadi di Ohio, salah satu negara bagian yang menjadi medan tempur kedua kandidat. Seorang pemilih awal, yang keturunan Afrika-Amerika, mengaku mendapat surat suara yang salah, Minggu (4/11/2012), seperti dilaporkan Democracy Now.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mesin Suara Alihkan Suara Obama ke Romney

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2012/11/mesin-suara-alihkan-suara-obama-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mesin Suara Alihkan Suara Obama ke Romney

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mesin Suara Alihkan Suara Obama ke Romney

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger