Memasak Makanan Rendah Lemak

Written By bopuluh on Kamis, 08 November 2012 | 18.51

KOMPAS.com - Makanan rendah lemak bukan hanya milik makanan olahan yang dikemas atau katering sehat. Anda pun bisa mengolah masakan di rumah menjadi penganan yang rendah lemak serta sehat. Berikut caranya:

1. Biasakan untuk mengukur minyak saat memasak
Jangan langsung menuangkan minyak goreng dari botolnya. Mulailah mengukur minyak yang akan digunakan, misalnya dengan ukuran sendok makan untuk menumis atau mengunakan kuas untuk mengoles wajan jika ingin menggoreng telur. Ini akan jauh lebih memudahkan Anda dalam memantau jumlah yang digunakan.

2. Gunakan "non-stick cookware"
Perlengkapan masak anti-lengket akan membuat Anda menggunakan sedikit minyak. Jika memungkinkan gunakan sedikit kaldu ayam pengganti mentega atau minyak saat menumis.

3. Membuat kaldu rendah lemak
Setelah direbus dinginkan daging atau kaldu ayam. Cara ini akan membuat lemak naik ke atas, dan Anda dapat menyaringnya.

4. Perbanyak sayuran dan buah-buahan
Sebaiknya mengolah kentang bersama kulitnya guna mempertahankan nutrisinya. Jadi bila memungkinkan, jangan membuang kulit pada buah-buahan dan sayuran, masaklah secara keseluruhan.

5. Vitamin C mudah rusak saat dimasak
Hati-hati memasak vitamin C, karena ia akan mudah rusak. Maka, bila Anda mengolah sayuran yang tinggi kandungan vitamin C, masaklah dalam jumlah air paling minimum dan tentunya dalam waktu sesingkat mungkin.

6. Perbanyak rempah-rempah
Pastikan selalu persediaan pada rempah-rempah di dapur Anda. Salah satu kunci untuk memasak rendah lemak yang lezat adalah rempah-rempah. Kurangi ketergantungan pada mentega dan garam.

7. Pilih perawatan masak yang terbaik

Belilah peralatan masak yang terbaik. Jangan ragu meski harga peralatan terbaik pasti akan lebih mahal. Tetapi selain memastikan makanan Anda sehat dengan menghindari zat berbahaya yang bisa ditimbulkan oleh peralatan masak rusak, Anda sebenarnya bisa berhemat karena barang dengan kualitas prima pasti akan lebih tahan lama.

Sumber: e-cookbooks


Anda sedang membaca artikel tentang

Memasak Makanan Rendah Lemak

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2012/11/memasak-makanan-rendah-lemak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Memasak Makanan Rendah Lemak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Memasak Makanan Rendah Lemak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger