Darmono: Perlu Tenaga dan Kemauan Besar Berantas Korupsi

Written By bopuluh on Jumat, 30 November 2012 | 18.51

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Jaksa Agung Darmono mengatakan, korupsi adalah masalah yang sangat besar bagi bangsa Indonesia mau pun di negara lainnya. Untuk itu, diperlukan dua hal besar untuk dapat mengatasinya. Hal itu dikatakannya dalam Sarasehan Budaya menyambut Hari Antikorupsi Internasional, di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Jumat (30/11/2012) malam.

"Masalah korupsi adalah masalah besar bagi bangsa Indonesia. Apa yang dikatakan besar bagi Indonesia, tentu bagi bangsa lain juga permasalahan besar. Untuk menyelesaikan dan mengatasi diperlukan hal yang besar juga," ujarnya.

Dua hal itu, kata Darmono, adalah tenaga atau sumber daya manusia dan kemauan yang besar. Menurutnya, saat ini bangsa Indonesia telah memiliki tiga lembaga penegak hukum yang dijadikan sarana memerangi korupsi, yaitu Kejaksaan, Kepolisian, dan KPK.

"Tenaga yang besar tidak ada artinya tanpa kemauan besar, tentu kemauan dari aparat negara," ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Darmono, semua aparatur negara dan lembaga penegak hukum harus bersinergi memberantas korupsi. Ketiga lembaga penegak hukum akan lemah jika tidak kompak.

"Kalau ada lembaga negaranya yang lengkap, tapi tanpa ada kekompakan, kita akan lemah. Dengan kekompakan aparatur yang ada, kita yakin korupsi ke depan bisa kita tumpas," ujar Darmono.

Dalam acara tersebut, para pimpinan lembaga penegak hukum yaitu KPK, Polri, Kejaksaan Agung, dan Mahkamah Agung duduk lesehan dalam satu panggung. Hadir Ketua KPK Abraham Samad dan dua wakilnya, Busyro Muqoddas serta Adnan Pandu Praja. Dari kepolisian yakni Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Sukarna. Sementara, Kapolri Jenderal Timur Pradopo berhalangan hadir. Perwakilan Kejaksaan yakni Wakil Jaksa Agung Darmono. Adapun, Ketua Mahkamah Agung Hatta Sli yang berhalangan hadir diwakilkan oleh Hakim Agung Artidjo Al Kautsar.

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

Darmono: Perlu Tenaga dan Kemauan Besar Berantas Korupsi

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2012/11/darmono-perlu-tenaga-dan-kemauan-besar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Darmono: Perlu Tenaga dan Kemauan Besar Berantas Korupsi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Darmono: Perlu Tenaga dan Kemauan Besar Berantas Korupsi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger