Budha Park, Simbol Kebersamaan Hindu dan Budha di Laos

Written By bopuluh on Senin, 05 Agustus 2013 | 19.51

LAOS, KOMPAS.com - Budha Park atau Taman Budha sengaja dibangun oleh seorang pemikir religi asal Laos, Luang Pu Bunleae Sulilat. Pada tahun 1950-an, ia mengumpulkan dan membuat patung–patung yang bernuansa dan bernapaskan Hindu dan Budha. Karakter dan bentuk patung-patung yang ada di Budha Park menggambarkan 4 jenis mahluk yang diyakini ada di atas muka bumi yaitu: manusia, dewa, binatang, dan jin atau mahluk halus.

Budha Park atau dalam bahasa Laos disebut Wat Xieng Khuan, berada sedikit di luar kota Vientiane. Letaknya tidak jauh dari perbatasan darat antara Laos dan Thailand atau Friendship Bridge atau jembatan persahabatan. Tiket masuknya tergolong murah, yaitu 5.000 Kip atau setara dengan Rp 6.000. Bila membawa kamera, dikenakan biaya 3.000 Kip atau setara dengan Rp 4.000.

Ada dua transportasi umum yang biasa digunakan para turis. Tuk tuk atau taksi lokal dari kota Vientiene biasa dipatok harga sekitar 200.000 – 250.000 Kip untuk pulang–pergi atau setara dengan Rp 220.000 – Rp 270.000.

Bila ingin murah dan sedikit berpetualang, dari terminal bus dalam kota Vientiene naik bus nomor 14 ke perbatasan Laos dan Thailand atau Friendship Bridge. Ongkosnya 6000 Kip atau sekitar Rp 7.000. Dari Friendship Bridge sambung naik semacam angkot lokal hanya 2000 Kip atau sekitar Rp 3.000. Turun pas di depan pintu masuk Budha Park.

Tidak ada yang terlalu spesial di tempat ini tapi para turis disajikan sekitar 200 patung dan ukiran yang sangat kental dengan nuansa Budha dan Hindu. Semuanya terbuat dari batu, bukan kayu, besi atau emas. Dua patung karya seni yang paling mencolok adalah Sleeping Budha atau Budha tidur dan giant pumpkin atau labu raksasa.

Sleeping Budha sangat mencolok karena letaknya berada dekat pintu gerbang dan sangat besar. Tingginya sekitar 50 meter dan panjangnya lebih dari 200 meter. Karakter Sleeping Budha adalah salah satu karakter yang penting bagi pengikutnya. Pose ini diyakini sebagai gambaran saat sang Budha naik ke Nirwana.

Giant pumpkin menggambarkan tiga tempat di alam semesta yaitu neraka, bumi, dan surga. Neraka berada di tempat paling bawah dalam perut bumi, bumi berada di atas tanah, dan surga berada di atasnya.

Para turis bisa masuk ke dalam giant pumpkin melalui pintu mulut besar yang dinamakan demon's mouth atau mulut jin. Di dalamnya ada tangga kecil yang dapat mengantarkan kita ke atas patung. Dari sini kita bisa melihat lebih jelas pemandangan Budha Park dari atas.

Bila lelah, para turis dapat beristirahat di pinggir Sungai Mekong. Kita bisa duduk di bawah pepohonan yang rindang sambil menikmati aliran air Sungai Mekong. Tidak ada batasan waktu bagi para turis untuk menikmati Budha Park. Terkadang banyak Biksu di dalam Budha Park yang dengan ramah menemani para turis untuk dijadikan teman.

Editor : I Made Asdhiana


Anda sedang membaca artikel tentang

Budha Park, Simbol Kebersamaan Hindu dan Budha di Laos

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/08/budha-park-simbol-kebersamaan-hindu-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Budha Park, Simbol Kebersamaan Hindu dan Budha di Laos

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Budha Park, Simbol Kebersamaan Hindu dan Budha di Laos

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger