Mendaki Guci Bersama Yamaha Force

Written By bopuluh on Sabtu, 22 Juni 2013 | 19.51

Tegal, KompasOtomotif - Dari  rute singkat di Ancol, Yamaha Indonesia kembali memberi kesempatan kepada para wartawan merasakan ketangguhan bebek baru Force dengan kondisi medan lebih menantang. Mendaki Pengunungan Guci di Tegal, Jawa Tengah (22/6) untuk membuktikan torsi yang diklaim Yamaha hebat . Yamaha menyediakan 10 unit Force dan rombongan dibagi dalam dua kelompok dan yang pertama berangkat dari Hotel Plaza menunju daerah wisata pemandian air panas alami itu, pukul 08.00 WIB.

Torsi
KompasOtmotif  berada di kelompok kedua memulai perjalanan dari  dealer Yamaha Agung dengan rute awal jalan perkotaan. Kemacetan hanya dijumpai di persimpangan atau saat melewati pasar. Kala mengalami "stop-and-go", saat grip gas dipelintir lebih dalam, tenaga cukup responsif. Berarti, ini sesuai dengan yang pernah diutarakan oleh Wakil Presiden Direktur Eksekutif Yamaha indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti bawah mesin Force sudah direkayasa ulang menjadi sepeda motor yang mengutamakan torsi besar bukan kecepatan.

Usai melaju di tengah kota,  rombongan menghadapi jalan menanjak  berbentuk "S"  sedikit terjal. Tenaga Force yang besar di putaran bawah mampu melibasnya dengan mudah. Dengan catatan sudah mendapat momentum dulu sebelumnya. Kalau tidak, harus menurunkan transmisi sampai gigi terendah (1) untuk bisa menanjak.

Dari tenaga,  giliran pengendalian diuji dengan  meliak-liuk di tikungan. Dengan bobot 93 kg dipadu tenaga bawah  yang bagus, Force melesat  santai. Perpaduan ini juga cocok untuk membawa barang. "Memang karakternya pekerja keras, untuk mengantar barang, antar jemput anak sekolah, dan lain sebagainya," jelas Eko Prabowo, GM Pemasaran, Komunikasi dan Pengembangan Komunitas YIMM.

BBM
Ketika sudah menempuh jarak sekitar 25 km atau menyelesaikan 80 persen perjalanan, rombongan sempat berhenti sejenak karena indikator bensin ada yang sudah menyentuh level E. Tapi, karena mau membuktikan klaim irit, perjalanan tetap dilanjutkan dan rombongan tiba di lokasi dengan aman.

Yamaha mengklaim, dengan teknologi YMJET-FI, konsumsi Force lebih irit 21 persen ketimbang Vega karburator atau bisa mencapai 52 km untuk satu liter (pkl). Meski, rute tes itu sendiri tak mencapai 52 km, tapi angka itu berdasarkan penghitungan yang dilakukan mandiri divisi riset dan pengembangan Yamaha.

Cocok, bagi yang mencari sepeda motor irit menyusul kenaikan Premium yang sudah mulai berlaku, Jumat lalu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mendaki Guci Bersama Yamaha Force

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/06/mendaki-guci-bersama-yamaha-force.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mendaki Guci Bersama Yamaha Force

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mendaki Guci Bersama Yamaha Force

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger