Tim Terus Buru Dua Tersangka Pemerkosa ES

Written By bopuluh on Rabu, 10 April 2013 | 19.51

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pemeriksaan kelima tersangka kasus pemerkosaan terhadap siswi ES (13) terus dilakukan. Sementara itu, dua tersangka lainnya masih diburu para penyidik, dan berstatus buron.

Demikian ditegaskan Kepala Subbagian Humas Kepolisian Resor Jakarta Timur Komisaris Didik Hariyadi, Rabu (10/4/2013), di Jakarta.

Menurut Didik Hariyadi, para pelaku merupakan satu kelompok pemuda yang tinggal di kawasan Condet, Jakarta Timur. Begitu pula korban, yang diperkosa di rumah tersangka.

Dari lima tersangka yang ditangkap itu, diketahui satu orang pengangguran, dua orang masih sekolah, satu mahasiswa, dan satu lagi pegawai minimarket.

Lima tersangka pelaku pemerkosaan, dari tujuh tersangka, di kawasan Condet, Jakarta Timur, yang sudah ditangkap adalah RS (17), pengangguran; Ilh (20), mahasiswa; Mur (20), pelajar SMK; Geo (20), pelajar SMK; dan MF (20), karyawan minimarket.

Adapun dua tersangka lainnya, berinisial Ri alias Cepoy (17) dan Irf alias Tonge, masih buron.

Bahkan sebelumnya, Kepala Polres Jakarta Timur Komisaris Besar Mulyadi Kaharni memaparkan secara gamblang profesi kelima tersangka berikut nama sekolah, serta perusahaannya, termasuk MF dan statusnya.

Menurut Didik, profesi setiap tersangka harus disebutkan dalam setiap berita acara pemeriksaan, termasuk tempatnya bekerja. MF salah satunya, dia mengaku bekerja di Alfamart.

"Hasil pengakuan tersangka itu sendiri yang disampaikan oleh Kapolres kepada media," kata Didik, menegaskan.

Kronologi kejahatan

Kronologi kasus, ES menjadi korban pemerkosaan sejak berkenalan dengan salah satu tersangka, RS, memalui media jejaring sosial Facebook. ES dibujuk RS untuk bertemu dengan janji akan diberi Blackberry.

ES lalu bertemu dan diajak mengunjungi tempat tinggal RS di kawasan Condet. ES kemudian dikenalkan kepada enam tersangka lain yang merupakan teman RS.

Berangkat dari perkenalan tersebut, ES diperkosa secara bergilir oleh tujuh pemuda di kawasan Condet, saat menghilang dari rumahnya di Jakarta Selatan sejak 1-5 Maret lalu.

Kasus ini lalu dilaporkan oleh orangtua ES ke kepolisian pada 6 Maret. Akan tetapi, karena pelaku tinggal terpencar, polisi belum dapat menangkap semua pelaku dengan segera. Pada pengintaian awal, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar M Saleh mengatakan, baru satu tersangka yang teridentifikasi.

Setelah dilakukan pengintaian dua minggu, sejak kasus itu dilaporkan, penyelidik mengidentifikasi empat tersangka lainnya. Sampai akhirnya pada 6 April, kelima tersangka berhasil ditangkap. Sebanyak tiga tersangka ditangkap di daerah Condet, dua tersangka lainnya ditangkap di daerah Depok, Jawa Barat.

Menurut M Saleh, pengintaian itu memang memakan waktu karena para tersangka tinggal terpisah, tidak pada satu lokasi. "Oleh karena itu, kami butuh waktu untuk menangkap seluruh tersangka," katanya.

Apalagi sejak Januari hingga Maret terjadi kasus pencabulan, pemerkosaan, dan perampokan, yang muncul secara beruntun di wilayah Jakarta Timur.

"Kami mulai mengerjakan dengan yang paling mudah, sambil mengintai para tersangka yang masih berkeliaran," kata Saleh.

Tidak ada kaitan

Sementara itu, Corporate Communication General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Nurrachman, melalui keterangan tertulis, menyatakan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selaku pengelola dan pemegang merek Alfamart tidak ada sangkut pautnya dengan tindakan kriminal yang dilakukan oleh MF, salah satu tersangka pemerkosa ES.

Menurut Nur Rachman, MF melakukan tindakan kriminal tersebut sebagai pribadi dan tidak pada jam kerja sebagai karyawan Alfamart. Kejadian itu pun tidak dilakukan di areal toko Alfamart.

"Jadi berita sebelumnya seharusnya tidak menyebutkan identitas merek Alfamart, karena perusahaan kami tidak ada sangkut pautnya dengan kejadian tersebut," tutur Nur Rachman. (MDN)

Editor :

Hertanto Soebijoto


Anda sedang membaca artikel tentang

Tim Terus Buru Dua Tersangka Pemerkosa ES

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/04/tim-terus-buru-dua-tersangka-pemerkosa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tim Terus Buru Dua Tersangka Pemerkosa ES

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tim Terus Buru Dua Tersangka Pemerkosa ES

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger