Seri I Piala Dunia PGAWC Berlangsung di Sumatera Barat

Written By bopuluh on Kamis, 21 Maret 2013 | 19.51

JAKARTA, Kompas.com - Juara dunia PGAWC asal Indonesia, Lis Adriana mendapat ancaman dari dua pesaing utama daeri Republik Ceko dan Serbia.

Asosiasi Piala Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang, badan kepengurusan kejuaraan akbar cabang olahraga dirgantara Paralayang dunia khusus nomor ketepatan mendarat, yang berpusat di Slovenia, telah memutuskan Perkumpulan Olahraga Dirgantara Paralayang Jatarupa Jakarta sebagai penyelenggara Seri I Piala Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang (Para Gliding Accuracy World Cup/PGAWC) 2013 di Bukit Langkisau, Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 26-28 April mendatang.

Federasi Aeronautika Internasional (FAI), induk olahraga dirgantara dunia, juga sudah mengakuinya sebagai Kejuaraan Kategori 2 pada kalender kegiatan resminya tahun ini. Kategori 2 adalah kejuaraan yang diselenggarakan sebuah perkumpulan. Sedangkan Kategori 1 adalah kegiatan yang di gelar sebuah negara.
          
Ini merupakan keempat kalinya Indonesia menjadi tuan rumah salah satu Seri Dunia setelah di Batu, Malang, Jawa Timur pada 2011 dan kawasan pegunungan Puncak, Jawa Barat pada 2010 dan tahun lalu. Sudah sekitar 20 penerbang andal dunia asal Kroasia, Serbia, Slovenia, Bosnia Herzegovina, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Thailand, Vietnam dan China, serta 10 atlit nasional yang mendaftarkan diri.

Menurut Drs. Tagor Siagian, M.Si, Humas Panitia Pelaksana Seri I PGAWC Painan, sekitar 100 atlit yang memenuhi persyaratan tingkat kemampuan terbang dunia, asal 20 negara diharapkan ikut. Runner Up dan peringkat III Puteri Dunia tahun lalu, Marketa Tomaskova (Republik Ceko) dan Tamara Kostic (Serbia),  mengatakan sudah tidak sabar menaklukkan Painan dan "balas dendam" pada Juara Dunia bertahan asal Indonesia, Lis Andriana.

Gelar Juara Dunia tahun lalu diraih Lis setelah penerbang asal Kutai Barat, Kalimantan Timur itu juara kedua pada Seri VI di Wasserkuppe, Jerman, September lalu. Jumlah perolehan nilainya tak terkejar oleh Marketa dan Tamara. Berencana tiba di Jakarta pada 20 April mendatang, esok harinya Tamara bahkan akan langsung menuju Painan untuk berlatih dan mengenali medan lomba.
 
Sedangkan di Kelas Putera, peringkat IV Seri PGAWC tahun lalu, Letkol (Kes) Dr. Elisa Manueke, yang bertugas di Rumah Sakit Lanud TNI AU Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, akan memulai perjuangannya mematahkan dominasi "duo malaikat" ketepatan mendarat dunia asal Slovenia, Matjas Feraric, sang Juara Dunia bertahan dan runner up Matjaz Sluga.

Feraric bahkan sudah merebut gelar Juara Dunia dua tahun berturutan. Peraih peringkat ketiga dunia tahun lalu, Goran Durkovic (Serbia), yang hanya unggul tipis jumlah nilai akhirnya dari Elisa, juga sudah memastikan akan hadir di Painan untuk menjegal ambisi Elisa. Prestasi Elisa, yang sebenarnya dikenal handal di nomor Lintas Alam, dan baru mengikuti Seri PGAWC tahun lalu, cukup mengejutkan para penerbang Eropa. Kini mereka selalu mewaspadai Elisa bila mengikuti suatu lomba bersama.      

Para penerbang puteri Indonesia berhasil menjadi Juara I Seri PGAWC selama tiga tahun berturutan setelah Ifa Kurniawati (2010), Milawati Sirin (2011) dan Lis Andriana tahun lalu.  Sejak mengikuti ajang multicabang, para atlit Paralayang Indonesia juga selalu mencatat prestasi maksimal; merebut Juara Umum Asian Beach Games I di Bali pada 2008, lalu Juara Umum SEA Games XXVI/2011 dengan merebut 10 dari 12 buah medali emas yang diperebutkan. (/*)

Piala Dunia nomor Ketepatan Mendarat Paralayang berlangsung beberapa seri di berbagai negara. Setelah Painan, lima seri berikutnya adalah;
Seri II: Thailand (Khao Yai, Suphanburi, 2-5/5)
Seri III: Portugal (Larouco, Montalegre, 24-26/5)
Seri IV: Malaysia (Selangor, 14-16/6)
Seri V: Serbia-Montenegro (20-22/9)
Seri VI: Rumania (27-29/9)          
         

Editor :

A. Tjahjo Sasongko


Anda sedang membaca artikel tentang

Seri I Piala Dunia PGAWC Berlangsung di Sumatera Barat

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/03/seri-i-piala-dunia-pgawc-berlangsung-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Seri I Piala Dunia PGAWC Berlangsung di Sumatera Barat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Seri I Piala Dunia PGAWC Berlangsung di Sumatera Barat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger