Ekspatriat "Nakal" Diprediksi Meningkat

Written By bopuluh on Sabtu, 30 Maret 2013 | 19.51

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah ekspatriat di Jakarta Selatan setiap tahunnya terus bertambah. Namun konsekuensinya, jumlah para pekerja asing yang nakal pun diprediksi meningkat.

Menurut data Imigrasi Jakarta Selatan, saat ini tercatat sekitar 6.700 ekspatriat bermukim di wilayahnya. Ini jumlah terbesar dibanding lima wilayah Jakarta lainnya.

"Sepuluh persen dapat dipastikan akan melakukan pelanggaran," kata Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Sumardi Maryoto, Minggu (31/3/2013).

Pelanggaran yang dilakukan ekspatriat ini, kata Sumardi, terkait izin tinggal dan pemalsuan identitas. Berdasarkan kasus-kasus yang telah terjadi, pelanggaran dilakukan baik secara individu maupun dilakukan pihak penjamin, yakni perusahaan-perusahaan tempat orang asing tersebut bekerja. Profesi-profesi yang dijalani berbagai macam, baik di sektor formal maupun informal.

Faktor nyamannya hunian dan pekerjaan yang dijalani membuat mereka cenderung bertahan tetap tinggal di Indonesia, namun dengan biaya pajak yang rendah. Untuk orang asing yang bekerja dan menetap, sesuai ketentuan, setiap orang harus membayar sekitar Rp 11 Juta per tahun ke Depnaker.

"Yang datang (ke Indonesia) enggak semuanya tenaga professional, tenaga kerja ecek-ecek juga banyak," ujar Sumadi.

Kantong-kantong orang asing yang ada di Jakarta Selatan terdapat di Kemang, Kalibata, Pondok Indah dan Kuningan. Pihak imigrasi, tutur dia, telah rutin melakukan pengecekan di lapangan untuk memastikan dokumen legal orang-orang asing tersebut, terutama mengantisipasi pelanggaran izin tinggal dan pemalsuan identitas.

Berdasarkan UU Keimigrasian, para pelanggar akan dikenakan hukuman paling maksimal 5 tahun kurungan penjara atau dideportasi dari Indonesia. Banyak pihak yang memandang UU Imigrasi di Indonesia kurang tegas. Menurut Sumadi, UU Imigrasi memang lebih mengarah ke hukuman yang sifatnya pembelajaran saja.

"Tapi kita tetap mengupayakan hukuman yang sifatnya membuat jera, seperti tuntutan hukuman kurungan yang diupayakan lama," ujar Sumadi.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Ekspatriat "Nakal" Diprediksi Meningkat

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/03/ekspatriat-diprediksi-meningkat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ekspatriat "Nakal" Diprediksi Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ekspatriat "Nakal" Diprediksi Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger