Warga Desa di TTU Bayar Listrik Pakai Ternak

Written By bopuluh on Senin, 25 Februari 2013 | 18.51

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Gara-gara tak punya uang untuk membayar iuran lampu super ekstra hemat energi (sehen) milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kefamenanu, warga Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, terpaksa membayar pakai ternak.

Kepala Desa Tasinifu Milikhiur Kofi yang didampingi Ketua badan permusyawaratan desa (BPD) Silfester Fobia dan tokoh pemuda Edwegis Sila kepada Kompas.com, Selasa (26/2/2013) mengatakan ternak yang dipakai oleh warga untuk membayar tagihan listrik yakni, babi, anjing dan ayam. Sejak Mei 2012, kata Milikhiur, 700 kepala keluarga (KK) di desa itu menggunakan lampu sehen.

"Setiap bulannya warga harus membayar Rp 36.000, namun karena uangnya tidak ada dan takut nanti dicabut listriknya, warga terpaksa membayar dengan ternak yang dimilikinya," kata Milikhiur.

Menurut Milikhiur, warga juga mengeluhkan kenaikan tarif sebesar Rp 4.000 pada Februari ini dan kenaikan itu tidak didahului dengan pemberitahuan. "Warga juga kecewa karena kenaikan tarif yang dilakukan secara sepihak oleh petugas PLN, menjadi Rp 40.000 per bulannya. Kami berharap kebijakan dari pihak PLN sehingga bisa membantu warga yang kesulitan dari sisi ekonomi," tandas Milkhiur.

Terkait dengan itu, Plt Manajer Rayon Kefamenanu, Anang Taufiqi mengatakan pembayaran dengan memakai ternak itu diatur oleh petugas sehingga bisa sesuaikan harga antara ternak dan tarif iuran.

"Kalau membayar pakai ternak itu diatur secara teknis oleh petugas penagihan sedangkan terkait dengan kenaikan itu sebenarnya bukan kenaikan tarif tetapi tambahan biaya. Itu pun telah disepakati antara petugas dan warga dengan maksud untuk memudahkan pembayarannya," jelas Anang.

Dia menambahkan, pihkanya mencoba tawarkan kepada warga supaya biaya tambahan itu dipakai untuk biaya transportasi petugas, daripada warga harus datang jauh-jauh dari desanya hanya untuk membayar Rp 36.000. "Kan butuh ongkos tambahan yang lebih banyak lagi," kata Taufiqi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Desa di TTU Bayar Listrik Pakai Ternak

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/02/warga-desa-di-ttu-bayar-listrik-pakai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Desa di TTU Bayar Listrik Pakai Ternak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Desa di TTU Bayar Listrik Pakai Ternak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger