Pemungut Bola Tenis Didatangkan dari Korea dan China

Written By bopuluh on Sabtu, 12 Januari 2013 | 18.51

MELBOURNE, KOMPAS.com- Sejak tahun 2003, turnamen tenis Australia Terbuka menyebut diri sebagai "Grandslam Asia Pasifik", dan sejak itu, turnamen tahunan di Melbourne ini berusaha menjadi semakin Asia.

Tahun ini, di turnamen yang dilangsungkan dari 14-27 Januari, untuk pertama kalinya, ballkids, pemungut bola di pinggir lapangan, didatangkan dari Korea Selatan dan China.

Liputan khusus Sydney Morning Herald menggambarkan bahwa sponsor Australia dari Asia, termasuk sponsor utama KIA dari Korea Selatan juga semakin mantap, dan penonton dari Asia diharapkan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tahun 2013, enam ballkids yang diseleksi dari sekitar 80 peserta dari sebuah sekolah tenis di China, bertugas untuk pertama kalinya di Melbourne. Mereka disertai 20 ballkids lainnya dari Korea Selatan, dari keseluruhan 380 ballkids yang akan bertugas.

Sebagian besar penonton asing Australia Terbuka tahun lalu, masih berasal dari Selandia Baru, Inggris dan Amerika Serikat, namun Tennis Australia mengatakan Asia adalah pasar yang paling meningkat.

Sejak tahun 2006, jumlah penonton dari kawasan ini naik 400 persen. Guna meningkatkan promosi ke Asia, tahun lalu, trofi juara Australia ini dibawa keliling China, dimana sebuah turnamen wilcard diselenggarakan.

Tennis Australia juga sedang mempertimbangkan untuk memindahkan turnamen wildcard ke negara Asia lainnya.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, sponsor utama, Kia Motors yang menggantikan Ford sejak tahun 2002, berasal dari Korea Selatan.

Minggu ini, Kia memperpanjang kontrak selama lima tahun lagi dengan nilai sponsor diperkirakan berjumlah 50 juta dollar Australia. Sponsor dari Asia lainnya antara lain Maxxis (Taiwan), Fuji Xerox (Jepang) dan Toshiba (Jepang).

Bahkan para pengamat tenis menyebutkan, dalam waktu dekat sponsor dari China pasti akan terlibat.

Harapan utama dari kampanye Asia Pasifik ini adalah meningkatkan pengunjung dari Asia sampai 200 persen di tahun 2016. Tahun lalu, 3072 warga Jepang dan 2592 warga China datang ke Melbourne untuk menyaksikan turnamen.

China, dengan kelas menengahnya adalah tumpuan harapan utama. Presiden ATP Tour Brad Drewett mengatakan bahwa Asia- khususnya China- merupakan kunci bagi perkembangan tenis global.

Drewett mengatakan, bila China mampu mencetak juara grandslam pria, seperti yang dicapai oleh petenis putri Li Na - yang sekarang menduduki peringkat tujuh dunia, menjuarai Perancis Terbuka 2011 dan finalis di Australia Terbuka di tahun yang sama - maka tenis akan "meledak" di China.

Sebagai pemain asal China dan Asia pertama yang menjadi juara di turnamen grandslam, kehadiran Li Na di Melbourne menarik minat begitu banyak penonton.

Hampir 18 juta penonton televisi China menyaksikan final 2011 ketika Li Na kalah dari Kim Clijster, jumlah penonton televisi terbesar bagi pertandingan tenis di manapun di dunia.

Tidak itu saja, di tahun 2011, 349 juta orang menonton Australia Terbuka lewat televisi, separuhnya berasal dari Asia, dan sepertiga diantara mereka tinggal di China.

Editor :

Tjahja Gunawan Diredja


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemungut Bola Tenis Didatangkan dari Korea dan China

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2013/01/pemungut-bola-tenis-didatangkan-dari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemungut Bola Tenis Didatangkan dari Korea dan China

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemungut Bola Tenis Didatangkan dari Korea dan China

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger