Yang Harus Dilakukan Saat Bernegosiasi

Written By bopuluh on Kamis, 22 November 2012 | 18.51

KOMPAS.com - Pastikan negosiasi yang Anda lakukan membuahkan hasil sesuai harapan, dengan memerhatikan aturan mainnya ini.

* Yakin.

Tahu dengan pasti apa yang menjadi goal Anda. Yakin dengan tujuan tersebut karena bila keinginan Anda berubah-ubah, Anda akan terkesan plin-plan. Kesepakatan pun membutuhkan waktu yang cukup panjang dan sulit tercapai.

* Siapkan senjata.

Pikirkan apa saja yang kira-kira menjadi keinginan klien Anda dan siapkan "senjata". Dengan begitu Anda siap unuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Misalnya ketika klien memiliki high demand, jangan buru-buru memasang wajah bete. Kemukakan dengan jujur kondisi dan kemampuan Anda.

* Pilih waktu yang tepat.

Pemilihan waktu yang tepat sangat berpengaruh untuk mencapai kesuksesan bernegosiasi. Anda harus sensitif dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk menekan maju dan kapan waktunya menunggu.

* Perhatikan detil.

Dengarkan dengan seksama apa yang menjadi keinginan klien. Ini akan meminimalisasi kesalahpahaman akan kontrak kesepakatan yang nantinya akan dibuat. Ini juga menunjukkan bahwa Anda mempunyai perhatian yang besar terhadap mereka.

* Tetap tenang.
Ketika suasana bertambah panas, tetap dinginkan kepala. Fokus pada masalah bukan pada kepribadian. Jangan mudah terbawa emosi karena pengalaman buruk dengan klien. Ingat ketika bernegosiasi, klien bicara bukan mewakili dirinya melainkan organisasi.

* Catat dan sahkan.

Selesai bernegoasiasi, segera buat kesepakatan tertulis atau buat dokumennya.Ini untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman di kemudian hari. Kalau suatu saat pihak klien protes? Tunjukkan saja hasil kesepakatannya.

(Majalah Chic/Precilia Meirisa)

Editor :

wawa


Anda sedang membaca artikel tentang

Yang Harus Dilakukan Saat Bernegosiasi

Dengan url

http://preventcholesterolsoon.blogspot.com/2012/11/yang-harus-dilakukan-saat-bernegosiasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Yang Harus Dilakukan Saat Bernegosiasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Yang Harus Dilakukan Saat Bernegosiasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger